LANJUTAN VOL 44 (Serial BETSUHANA)

|

Betsuhana adalah nama sebuah majalah komik yang terbit di Jepang. Nama lengkapnya adalah Besatsu Hana to Yume. Majalah ini memuat serial bersambung berbagai komik Jepang, salah satunya adalah Topeng Kaca.
Topeng Kaca sudah mulai dimuat di Betsuhana sejak tahun 1976, baru kemudian dicetak menjadi serial buku mulai tahun 1977. Topeng Kaca muncul per chapter di tiap terbitan Betsuhana, dimulai dari Topeng Kaca Chapter 1. Tiap chapter kira-kira berisi 30 halaman.
Setelah terbit sebanyak 41 buah, buku Topeng Kaca sempat berhenti terbit. Sementara lanjutan ceritanya masih dimuat di Betsuhana.
Beberapa waktu kemudian, buku 42 pun terbit tapi ternyata ceritanya agak berbeda dengan yang ada di chapter-chapter terakhir Betsuhana. Rupanya Suzue Miuchi kurang puas dengan cerita terakhir Betsuhana dan menulis ulang untuk dicetak di buku 42.
Jadilah beberapa chapter Betsuhana terakhir itu sebagai halaman-halaman yang 'tak punya rumah' karena tak tercetak dalam buku Topeng Kaca.
Kemudian Topeng Kaca benar-benar mandeg terbit, baik bukunya maupun serial Betsuhananya (penyebabnya saya rasa semua sudah tahu ya, tentang Suzue Miuchi yang memutuskan mendalami agama).
Tahun 2009 tiba-tiba Topeng Kaca muncul lagi di Majalah Betsuhana, tapi ceritanya tidak melanjutkan chapter 'tak ber-rumah' yang terakhir keluar di Betsuhana beberapa tahun silam, melainkan melanjutkan cerita di buku 42. Dan penomoran chapter juga tidak melanjutkan pendahulunya yang sudah mencapai ratusan chapter, melainkan dimulai dengan nomor Chapter 1.
Belakangan terbitan anyar Betsuhana ini disebut sebagai Chapter Baru Topeng Kaca, sedangkan chapter 'tak ber-rumah' yg dulu itu akhirnya menjadi benar-benar tak punya rumah, karena Chapter Baru penggantinya itu telah diterbitkan menjadi buku 43 dan 44, sedangkan si Chapter Lama dibuang begitu saja.

Kira-kira inilah konversi Chapter Betsuhana menjadi Buku Topeng Kaca










* Saya belum membaca seluruh Chapter Lama jadi kurang tahu isi detail tiap-tiap chapternya, nomor-nomor chapter ini sekedar perkiraan saja, dari beberapa informasi yang saya baca di internet.

Nah. walaupun Buku Vol 45 & 46 belum dicetak, tapi sebagai obat penasaran, untuk sementara kita bisa membaca calon isi buku tersebut di Serial Betsuhana Chapter Baru 9-16 berikut ini:

Betsuhana 09 >> BACA
Betsuhana 10 >> BACA
Betsuhana 11 >> BACA
Betsuhana 12 >> BACA
Betsuhana 13 >> BACA
Betsuhana 14 >> BACA
Betsuhana 15 >> BACA
Betsuhana 16 >> BACA
Betsuhana 17 >> BACA
Betsuhana 18 >> (Belum terbit)

UPdate 30 Sept 2010:
Buku Vol.45 versi Jepang sudah terbit 30 September 2010, tapi ceritanya agak berbeda dengan versi Betsuhana Baru Chapter 8-12 yang seharusnya menjadi lanjutan cerita buku Vol.44. Sepertinya ceritanya malah lebih mirip dengan Betsuhana Lama

 

©2009 Ruang Baca TK | Template Blue by TNB